23 Maret 2008

Bosan Bekerja Ingin Usaha

Dikutip dari eramuslim

Konsultasi Kewirausahaan bersama Ir. Zainal Abidin


Senin, 17 Mar 08 04:15 WIB

Assalamu'alaikum wr. Wb.

Pak Zaenal saya adalah penggemar klinik bisnis yang bapak asuh hampir setiap hari saya membacanya, pertanyaan saya adalah saya saat ini mulai bosan dengan pekerjaan saya karena saya bekerja sudah hampir 19 tahun tapi ya begini-begini saja tidak ada peningkatan.

Saya berpikir untuk keluar bekerja dan memulai usaha sendiri dengan uang pesangon yang saya dapat tetapi saya masih ragu, saya berpikir untuk usaha steak tempe, burger tempe yang saya tau belum ada di jakarta untuk itu saya mohon saran dari pak zaenal apa saja yang perlu saya persiapkan. Demikian pertanyaan saya sebelumnya saya ucapkan bayak terima kasih.

Bejo
Jawaban

Wa ’alaikum salaam Wr. Wb.

Bung Bejo. Ide anda orisinil, sekalipun hanya Allah dan anda sendiri yang tahu, apakah usaha itu bisa maju atau malah layu sebelum berkembang. Pengalaman bekerja selama 19 tahun, tentu saja membuat anda betah di lingkungan kerja anda, dan merasa ragu untuk meninggalkannya. Apalagi lingkungan kerja itu sudah mendidik anda menerima gaji setiap bulan, yang jumlahnya hampir selalu naik setiap tahun.

Dan didikan ini membuat anda nyaman. Itu sebabnya, ketika ada keinginan untuk berusaha sendiri, sistem kenyamanan anda berontak. Kebiasaan menerima gaji setiap bulan membuat diri anda berontak ketika ada pilihan keluar dari pekerjaan lama dan kehilangan gaji rutin bulanan.

Bung Bejo. Ragu-ragu itu adalah hal yang wajar. Yang tidak wajar adalah jika anda terus-menerus berada pada posisi ragu-ragu itu. Dan hanya satu syaratnya yaitu siap menerima kondisi apapun. Itu yang utama. Ininya, persiapan mental ini membutuhkan waktu yang relatif lama. Kalau hal itu sudah bisa anda jalani, persiapan lainnya akan menjadi lebih mudah. Membuat steak tempe bukan hal yang sulit.

Membuat burger tempe juga relatif mudah. Kalau rasanya tidak enak, bisa anda buat jadi enak. Bisa jadi hanya dalam hitungan hari. Kalau itu sudah jadi, anda hanya tinggal siapkan tempat berdagangnya. Berikutnya, anda sudah bisa jualan. Bagaimana kalau belum laku? Coba kembali pada syarat utama.

Siaplah menerima kondisi apapun, dan lakukan perbaikan. Jangan pernah berhenti, karena berhenti adalah solusi permanen bagi masalah temporer.
Demikian jawaban yang bisa saya berikan. Mudah-mudahan ada manfaatnya.
Selamat berwirausaha. Semoga Allah mengabulkan keinginan anda.

Wa ’alaikum salaam Wr. Wb.
Zainal Abidin

Muhammad Rasulullah
May Allah's blessings and peace be upon him

Tidak ada komentar: